Author Avatar

aren

1

Share post:

Fungsi web hosting adalah menyimpan serta menyajikan file-file website, sehingga semua konten dapat pengguna akses. Hosting seperti sebuah lahan yang user sewa untuk membangun bisnis, dalam konteks ini adalah website. Menyimpan semua data yang web perlukan supaya dapat beroperasi optimal.

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Web Hosting Pada Bisnis

Ketika membangun sebuah bisnis, web hosting adalah salah satu hal yang penting. Ini seperti sebuah pondasi utama ketika seseorang membuat website. Sebab, semua konten dan data yang menjadi isi web tersimpan di dalamnya. 

Berikut ini penjelasan tentang pengertian, jenis, hingga fungsinya.

Pengertian Web Hosting

Web hosting merupakan layanan yang memungkinkan user merilis atau mengonlinekan sebuah website maupun web app di internet. Ketika pengguna membeli layanan hosting, mereka sebenarnya menyewa beberapa ruang pada server. 

Ruang-ruang tersebut untuk menyimpan berbagai file dan data yang dibutuhkan supaya website bisa online di internet. Hosting server biasanya adalah komputer fisik yang beroperasi sepanjang waktu. 

Piranti tersebut memastikan semua website bisa user akses setiap saat. Ketika pengunjung mengakses alamat domain tersebut, server akan mengirimkan data dan file-file yang diperlukan. 

Selain itu ada beberapa kegunaan dari web hosting tersebut. Berikut ulasan singkatnya:

Melindungi Website dari Serangan Peretas

Keamanan dari sebuah website adalah hal yang sangat penting untuk user perhatikan. Hal ini tujuannya supaya situs dapat beroperasi dengan baik tanpa adanya error. Masalah kadang bisa berasal karena kesalahan teknis hingga kasus peretasan.

Dengan memanfaatkan hosting, pengguna dapat membuat SSL atau Security Socket Layer. Fungsi web hosting ini untuk memaksimalkan keamanan sebuah situs. Dengan demikian layanan hosting bisa menghindari website dari serangan spam, virus, maupun malware.

Membuat Situs Punya Performa Tinggi

Hosting juga punya peranan dalam menjadikan sebuah website memiliki performa akses yang tinggi. Beberapa penyedia layanan hosting memberikan fitur-fitur yang mampu menjadikan web jauh lebih stabil. 

Sehingga pengunjung bisa mengakses website tersebut dengan cepat. Kelebihan ini berasal dari berbagai aspek. Seperti lokasi server, spesifikasi komputer server, dan teknologi yang digunakan. Beberapa hal tersebut akan mempengaruhi biaya langganan hosting itu sendiri.

Membuat Alamat Email Lebih Profesional

Ketika sebuah bisnis punya domain dan hosting sendiri, pengguna dapat mengkustom alamat email mereka. Biasanya alamat email akan menyesuaikan dengan alamat website yang digunakan. Dengan adanya fitur ini, sebuah perusahaan akan tampak lebih profesional.

Meningkatkan SEO Suatu Website

Secara tidak langsung, fungsi web hosting juga berguna untuk meningkatkan SEO dari sebuah situs bisnis. Apabila kualitas hostingnya bagus, maka sebuah website akan lebih cepat, stabil, dan aman. 

Sebab, website yang lelet menjadi penyebab utama kurangnya pengunjung atau traffic yang rendah. Itulah mengapa, dengan penggunaan layanan hosting yang baik memungkinkan SEO suatu situs dapat meningkat.

Jenis-jenis Web Hosting

Ada 5 jenis hosting yang paling populer hingga saat ini. Pertama ada Cloud Based Hosting yang mampu membuat duplikat dari data pengguna lalu disimpan di cloud. Kedua, ada Dedicated Hosting yang memungkinkan user bisa memiliki kendali penuh ke server. 

Ada pula VPS Hosting yang memberikan layanan kepada pemilik web dalam mengatur server. Namun, hanya terbatas pada satu pengguna saja. 

Keempat Shared Hosting yang meungkinkan pemilik web bisa berbagi layanan dengan pengguna lainnya. Terakhir, WordPress Hosting yang memang khusus untuk pengguna WordPress. Kelebihannya ialah akses web jauh lebih cepat dan stabil.

Itulah beberapa fungsi web hosting pada sebuah website bisnis yang memudahkan pemilik dalam melakukan manajemen web. Saat ini banyak sekali pilihan layanan hosting yang bervariasi, mulai dari jenis dan harganya. Dengan menggunakan layanan tersebut, Anda bisa memperkuat pondasi bisnis di era digital.

Cara Kerja Web Hosting, Fondasi di Balik Kelancaran Situs Anda
Apa Itu SSL, Cara Kerja dan Fungsinya

Discussion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *