Author Avatar

aren

0

Share post:

Cloudflare CDN merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai layanan untuk meningkatkan keamanan, performa serta optimasi website. Platform ini bisa Anda gunakan untuk menghadapi berbagai tantangan SEO, seperti kecepatan loading, proteksi DDoS, SSL/TLS dan lain sebagainya.

Singkatnya, cloudflare merupakan salah satu layanan jaringan pengiriman konten (content delivery network). Dalam proses kerjanya, cloudflare ini memiliki konsep dan fungsinya tersendiri.

Mengenal Pengertian Cloudflare CDN

Cloudflare merupakan sebuah perusahaan yang memberikan layanan seperti Content Delivery Network (Jaringan Pengiriman Konten), DNS (Domain Name System) dan layanan tambahan lainnya yang membuat website jadi lebih aman dan cepat. Pendiri perusahaan ini adalah Matthew Prince, Lee Holloway dan Michelle Zatlyn pada tahun 2004 silam.

Cloudflare juga bisa disebut dengan Content Delivery Network (CDN) yang merupakan layanan Web Security. Layanan dari Cloudflare ini bisa Anda dapatkan secara mudah dan gratis.

Dapat dikatakan platform ini merupakan CDN unggulan jika dibandingkan dengan CDN pada umumnya. Hal tersebut karena Cloudflare mampu memberikan pelayanan maksimal yang terdiri dari berbagai macam paket, seperti Business, Enterprise dan Pro.

CDN sendiri merupakan sebuah sistem yang akan menyediakan konten secara cepat kepada pengguna akhir (end user) dan biasanya terdapat pada berbagai data center di internet. Konten yang tersebar melalui CDN ini biasanya merupakan konten statis.

Cara Kerja Cloudflare CDN

Cloudflare berperan sebagai perantara antara klien pengguna browser dengan web server menggunakan reverse proxy untuk menyimpan dan menampilkan cache situs web.

Cloudflare ini akan menyimpan seluruh konten web yang berada disekitar klien sehingga mampu mengoptimalkan kecepatan loading dari sebuah website.

Selain itu, Cloudflare juga akan memfilterisasi keamanan dengan cara memposisikannya di antara klien dan web server. Cloudflare ini bahkan mampu mendeteksi adanya trafik yang mengindikasi spam atau bahaya pada web server.

Lalu, Apa Fungsi Cloudflare CDN untuk SEO?

Fitur-fitur dalam Cloudflare memiliki sejumlah manfaat untuk meningkatkan performa website yang berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization), beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengaktifkan HTTPS

Cloudflare membantu memberikan sertifikat SSL/TLS yang merupakan protokol keamanan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) untuk domain pengguna. Anda perlu menerapkan HTTPS ini untuk meningkatkan performa SEO secara keseluruhan. Website yang aman akan lebih ternotice oleh search engine dan juga audiens.

Meningkatkan Site Speed

Tahun 2010 lalu, Google telah menyatakan bahwa site speeds bisa berpengaruh terhadap ranking Google website. Dengan sejumlah fitur pendukung website yang ada di Cloudflare CDN, maka Anda bisa mendapatkan performa site speed yang lebih baik, seperti:

  • Web Caching
  • CDN
  • Minify file HTML, CSS dan JavaScript
  • Defer JavaScript
  • Image Optimization

Mengaktifkan SXGs (Automatic Signed Exchanges)

Automatic Signed Exchanges (pertukaran bertanda tangan otomatis) merupakan spesifikasi platform web dari Google yang berguna untuk memverifikasi versi cache dari sebuah website. Ketika SXGs ini aktif, maka load website akan menjadi lebih cepat saat terhubung dari website yang mendukung SXG. Waktu load yang cepat, tentu berpotensi untuk meningkatkan kinerja website Anda.

Mengaktifkan Crawler Hints (Petunjuk Perayap)

Aktifnya fitur Crawler Hints membuat search engine atau bot crawler lain yang mengakses website Anda akan mendapatkan versi terbaru dari konten Anda. Fitur ini sangat mempengaruhi user experience (UX). Sedangkan, UX yang baik adalah UX yang berbanding lurus dengan performa SEO website Anda di SERP (Search Engine Results Page).

Itulah pengertian Cloudflare CDN lengkap dengan cara kerja dan fungsinya untuk SEO. Platform ini dapat membantu Anda untuk menghadapi berbagai tantangan SEO, seperti kecepatan loading atau yang lainnya. Untuk bisa menggunakan layanan Cloudflare, Anda hanya perlu mendaftar pada situs web Cloudflare, menambahkan website Anda dan mengubah nameserver website sesuai dengan ketentuan Cloudflare.

Perbedaan Domain dan Hosting, Jangan Sampai Keliru
Apa itu Imunify360, Fitur dan Keunggulannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *